LAHAT | Populinews.com — Kepala Divisi Pemsayarakatan, Kantor Kemenkum HAM Prov.  Sumsel melakikan kunjungan kerja sekaligus meresmikan cuci steam motor mobil Lapas kelas II A Lahat serta pemberian asimilasi kepada warga binaan Lembaga Pemasyarakatan kelas II A Kabupaten Lahat, Sabtu (18/07/2020).

Dalam kunjungan ini Kadiv Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan Alfi Zahrin Kiemas, BC.IPS. Sos. MH,  juga menandatangani perjanjian kerjasama lembaga pemasyarakatan kelas II A Lahat dan Dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Kabupaten Lahat.

Turut hadir dalam acara ini Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Lahat, Kepala Dinas PP dan PA Kabupaten Lahat, Kepala Bappas Sumatera Selatan, Kepala Bappas Lahat, Kepala Dinas Kesehatan atau yang mewakili Koordinator gugus tugas penanganan covid-19 Kabupaten Lahat, gugus tugas covid-19 bagian pencegahan, Lembaga Bantuan Hukum Kabupaten Lahat, serta warga binaan Lapas

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kabupaten Lahat Maliki, SH. MH, dalam kata sambutanya menyampaikan seiring dengan kondisi tempat Lapas yang berada terhimpit Pertamina dan pasar,oleh karena kondisi ini Lapas Kabilupaten Lahat mempunyai tingkat kerawanan yang sangat besar karena di kelilingi instalasi vital di Kabupaten Lahat.

Di samping itu tembok Lapas yang berada di depan jalan akan menimbulkan hal-hal yang tidak di inginkan.Untuk itu Lapas Kabupaten Lahat berkeinginan selalu untuk memberikan dukungan kepada pemerintah dengan cara bagaimana meningkatkan produktifitas di Lapas Lahat ini sehingga menjadi bermanfaat.

“Mudah-mudahan dengan adanya peningkatan melalui pembinaan-pembinaan di Lapas ini akan semakin membaik.”ujarnya

Di sampaikannya juga di Lapas Kabupaten Lahat ini juga di adakan penilaian WBK yang sampai saat ini sudah mengikuti tahapan selanjutnya.Dalam mengikuti penilaian WBK ini membutuhkan dukungan dari instansi vertikal yang tujuanya akan dapat melayani masyarakat secara maksimal.

“Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Lapas Kelas II A Lahat ini atas kerja kerasnya sehingga dapat di usulkan mengikuti WBK dan mudah-mudahan dalam pembukaan steam untuk motor dan mobil ini akan lancar,berhasil sehingga menambah income untuk negara.”ucapnya

Sementara Kepala Divisi Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan Alfi Zahrin Kiemas,BC.IPS.Sos.M.H dalam arahanya bahwa untuk mewujudkan Kabupaten Lahat sebagai kota layak anak untuk itu peran serta dari semua pihak sangat di butuhkan dalam mewujudkannya.Hal ini menjadi perhatikan yang sungguh-sungguh kiranya.

Pada kesempatan ini pula pada pemberian asimilasi kepada warga binaan Lapas kelas II A Lahat ini di harapkan agar jangan sampai ada pelanggaran kembali.Nanti juga akan meresmikan cuci steam motor dan mobil mudah-mudahan dengan usaha ini akan meningkatkan income semaksimal mungkin warga binaan kepada pemerintah.

“Kepada warga binaan Lapas kelas II A Lahat agar tetap harus produktif dan di harapkan terus mengikuti program-program yang ada serta menggambil manfaat dan sisi positif setelah bebas dari Lapas nanti.”tuturnya. (*) Rochmi