LAHAT | Populinews.com — Kunjungan Lapangan Tim Sekretariat Bersama Pencegahan dan Penanganan Masalah Pengelolaan Dana Desa di Kabupaten Lahat Provinsi sumatera Selatan yang bertempat di Ballroom Hotel Calista Kabupaten Lahat, Rabu (12/08/2020).

Hadir dalam acara ini Kepala Bidang Bina Pemerintahan Desa Dinas PMD Sumatera Selatan Drs. uzirman Irwandi MM, Kepala Seksi Pengelola Keuangan dan Aset Desa Adi Yuswardi S.Sos, Kasi Kotwaspolsus Dit Binmas Polda Sumsel Kompol Romli Ridwan SH, Kepala Dinas PMD Kabupaten Lahat beserta jajaranya serta para Ketua Forum Kades se-Kabupaten Lahat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lahat Ekman Mulyadi,S.Sos di dampingi Kepala Bidang Keuangan dan Aset Desa Yanuar Ardiansyah SE MAP mengungkapkan kegiatan Sekber yang dilaksanakan pada hari ini merupakan salah satu program kerja Sekber provinsi yang juga dilakukan di 14 Kabupaten/Kota untuk mengetahui kendala pengelolaan dana desa di Kabupaten Lahat.

Di harapkan dengan adanya tatap muka secara langsung bersama tim Sekber provinsi ini para Kepala Desa yang ada di Kabupaten Lahat dapat memahami dan jangan sampai melanggar aturan dalam pengelolaan dana desa.

“Semoga apa yang di sampaikan oleh tim Sekber Provinsi pada hari ini dapat memberikan masukan untuk desa-desa yang ada di kabupaten Lahat dan untuk ketua forum Kades di anjurkan agar apa yang menjadi hambatan dalam pengelolaan dana desa dapat di kemukakan.”ujarnya

Sementara Kepala DPMD Provinsi Sumatera Selatan melalui Kepala Bidang Bina Pemerintahan Desa Dinas PMD Sumatera Selatan Drs.uzirman Irwandi,MM menyampaikan dalam kegiatan yang di laksanakan pada hari ini perlu di jelaskan beberapa hal yang menyangkut penyelenggaraan pengelolaan dana desa.Adapun tujuan dari kegiatan ini untuk pembinaan,pengawasan pencegahan apabila ada masalah yang terlapor sampai ke provinsi.

Di sampaikanya ada 8 hal yang dapat di jadikan pedoman yang harus di gunakan dalam pengelolaan dana desa diantaranya masyarakat harus terlibat secara terbuka dalam pengelolaan dana desa,kepala desa harus mensosialisasikan besaran dana desa yang terima,kompetensi kepala desa dan perangkat desa harus di tingkatkan,peran lembaga-lembaga desa harus di optimalkan,jabatan kepala desa merupakan jabatan yang amanah,transparansi terhadap pemasangan baliho anggaran,landasan hukum jangan di abaikan,adanya pencatatan aset desa.

“Mudah-mudahan kedepan penyelenggaraan dan pengelolaan dana desa di Kabupaten Lahat kan lebih baik lagi,” harapnya.

Selaku Ketua Forum Kades Kecamatan Kota Agung Arsito Hasan menambahkan dengan adanya tim Sekber Provinsi yang akan memberikan arahanya pada hari ini di harapkan agar informasi yang di terima akan menjadikan kebaikan bersama dalam pembangunan desa di Kabupaten Lahat.

“Kami akan menyampaikan informasi yang di terima dari tim Sekber Provinsi nanti kepada kades-kades yang mewakilkannya untuk kemajuan desa masing-masing,” tutupnya. (*) Rochmi